Rabu, 26 Mei 2010

"Lan Fang Tampil Total"


Novelis dan penulis essay, Lan Fang, benar-benar mencurahkan seluruh kemampuannya dalam kegiatan "Bina Kreatifitas Sastra & Pustaka", pada hari Sabtu 22 Mei 2010, yang diselenggarakan oleh Satmenwa 816 Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (Untag'45) Surabaya sebagai bagian dari Panitia HUT Mahasurya ke-46.

Kegiatan yang diperuntukkan tidak hanya bagi anggota menwa namun juga bagi masyarakat ini, berlangsung dengan sukses dan mengundang respon positif dari sejumlah pelajar dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.


Metode dialog interaktif yang dipergunakan oleh para narasumber dalam kegiatan ini, mampu menghidupkan suasana seminar dan membuat jalur komunikasi yang tercipta antara para narasumber dan peserta berlangsung dengan intensif bahkan tanpa beban.

Lan Fang tidak tampil sendiri, namun didampingi oleh narasumber Immarianis S.Pd M.Si., (biasa disapa "Uni Im" ), yaitu pengelola Taman Bacaan Anak Sholeh (TBAS) 'Fadhli' dan Perpustakaan Ummi Fadhilah yang berlokasi di Jl. Genteng Dasir No. 9, Surabaya. Peran Lan Fang yang mengulas proses kreatif dalam menghasilkan karya sastra diperkuat oleh peran Uni Im yang yang mengulas pengalamannya dalam mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membangun sentra-sentra informasi mandiri bagi masyarakat marginal, berbentuk perpustakaan yang mengedepankan peran kaum ibu.

Kata kunci utama dalam materi seminar ini adalah memperkuat budaya baca tulis sebagai upaya pembinaan kewirausahaan dan penyediaan akses layanan pustaka bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Danmenwa Mahasurya yang diwakili oleh Wadanmenwa Mahasurya, Frans Limbong, S.T., M.A.P. mengulas secara rinci hubungan antara sastra dan pustaka dengan pertahanan negara, yang ternyata merupakan bagian dari upaya pembinaan pertahanan nir militer.

Lebih jauh dijelaskan bahwa Inti pertahanan nirmiliter adalah pertahanan negara secara nonfisik yang tidak menggunakan senjata seperti yang dilakukan oleh lapis pertahanan militer, tetapi pemberdayaan faktor-faktor ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan teknologi melalui profesi, pengetahuan dan keahlian, serta kecerdasan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Sementara itu, Rektor Untag'45 Surabaya, Prof Dr drg Hj Ida Ayu Brahmasari, Dipl.DHE, MPA dalam sambutannya menyatakan kagum dan salut terhadap upaya Menwa Mahasurya menghadirkan forum pemberdayaan semacam ini dan menghendaki agar forum serupa dapat diperluas lagi, utamanya dalam mensosialisasikan pada masyarakat tentang "Pertahanan Nir Militer" dari segi aktualisasi dan implementasi di kegiatan yang nyata.

Senada dengan harapan tersebut, sejumlah remaja binaan Panti Rehabilitasi Sosial Anak Nakal dan Korban Napza (ANKN), Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, turut menyampaikan kepada panitia, agar kegiatan serupa juga dilakukan di panti mereka agar dapat bermanfaat bagi pengetahuan dan peluang wiraswasta menulis.

Bapak/Ibu/Saudara dapat berpartisipasi donatur dalam kegiatan ini. Kami sangat menghargai seberapa besarpun Bapak /Ibu/Saudara berkenan memberikan partisipasi dalam kegiatan ini dan itu sangat besar sekali nilainya bagi kami.
Lihat mekanisme donasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar